Jusuf Kalla Buka Pameran Produk Kerajinan

Pameran Produk Kerajinan Indonesia akan mulai digelar hari ini sampai 22 Maret mendatang, di Jakarta Convention Center. Wakil Presiden Jusuf Kalla rencananya akan membuka pameran pada pukul 09.00. Pameran juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Fahmi Idris.

Tema pameran produk kerajinan Indonesia ini adalah "Bangga Kriya Kreatif Indonesia". Pameran yang diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-29 ini menampilkan aneka ragam produk Kerajinan Indonesia.

Pertumbuhan industri kreatif diperkirakan sedikit banyak akan mengkompensasi penurunan eskpor konvensional. Industri ini diprediksi akan tumbuh sekitar 140 persen tahun ini. Tahun lalu, industri berbasis pengetahuan dan seni tersebut tumbuh sekitar 68 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, rata-rata pertumbuhan kelompok usaha di Indonesia tumbuh di atas 6 persen pada 2007. Pertumbuhan tertinggi adalah kelompok usaha menengah sekitar 6,84 persen, sementara untuk sektor usaha kecil dan menengah hanya tumbuh sekitar 6,83 persen. Pertumbuhan tertinggi pada sektor usaha kecil dan menengah terjadi pada sektor bangunan sebesar 9,3 persen, sektor perdagangan, hotel dan restoran sebesar 8,5 persen dan sektor pertambangan dan penggalian 7,8 persen.

Pada 2007, populasi usaha kecil dan menengah mencapai 49,8 juta unit. Sementara jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 91,8 juta orang. Jumlah itu merupakan 97,3 persen dari seluruh tenaga kerja Indonesia yang jumlahnya 94,3 juta pekerja.

sumber : tempo